Manfaat dan Efek Samping Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan


Pada umumnya kita hanya mengenal kopi hitam saja, tapi taukah anda dengan kopi hijau? kopi hijau sebenarnya adalah biji kopi yang belum melakukan proses pemanggangan. Biasanya kebanyakan orang mengkonsumsi kopi hijau untuk menurunkan berat badan.

Kopi hijau adalah biji kopi mentah yang belum dipanggang. Kandungan asam klorogenik yang tinggi pada kopi hijau bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Kandungan senyawa klorogenik memiliki antioksidan aktif yang mampu menurunkan tekanan darah serta ampuh dalam mengurangi berat badan.

Ekstra kopi hijau berfungsi menurunkan gula darah sehingga dapat membantu tubuh untuk menurunkan penyerapan gula, menormalkan kembali kadar hormon yang bisa menimbulkan obesitas, dan membantu menurunkan kadar kolestrol.

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi kopi hijau secara rutin setiap harinya, seseorang akan mengalami penurunan berat badan sekitar 1,3 sampai 2,2 kg dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi plasebo atau kopi biasa.

Lalu,apakah efek samping dari mengkonsumsi kopi hijau?

Mengenai efek samping yang akan timbul dari mengkonsumsi kopi hijau. Setelah dilakukan hasil penelitian. Mereka mengungkapkan bahwa kandungan asam klorogenik bisa meningkatkan kadar trigliserida dan kolestrol, yang bisa memicu penyakit jantung.

Namun, dampak yang paling besar bisa berasal dari kafein. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa mengakibatkan insomnia, gugup serta gelisah, detak jantung yang tidak stabil, pusing, dan berbagai resiko lainnya.

Dan mengkonsumsi kopi hijau sangat tidak disarankan pada anda yang sedang hamil, anak-anak, penderita penyakit jantung, hipertensi, kolestrol tinggi, osteoporosis, dan diabetes.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengkonsumsi kopi hijau

Mengkonsumsi kopi hijau dengan menggunakan takaran yang pas memang sangat membantu dalam penurunan berat badan. Tapi ada baiknya juga jika anda membarenginya dengan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga secara rutin. Selain memperhatikan dari manfaatnya, anda juga harus mengetahui akan efek samping dari kopi hijau.

Ada baiknya bagi anda yang ingin mencoba kopi hijau sebagai penurun berat badan, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum langsung mengkonsumsinya.