Selain Bermanfaat Untuk Kesehatan, Ketahui Efek Samping dan Resiko dari Kopi Hijau

Kopi hijau atau green coffee memang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Hal ini karena manfaat kopi hijau yang sangat baik bagi tubuh, salah satu manfaat kopi hijau yang populer adalah dapat menurukan berat badan sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya untuk menjalankan program diet.



Kopi hijau adalah biji kopi yang masih mentah yang belum memasuki tahan penggorengan, sehingga kopi ini memiliki kandungan asam klorogenik yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi yang digiling atau kopi yang telah melakukan proses pemanggangan. Asam klorogenik inilah yang dapat bekerja sebagai pembakar lemak yang cepat sehingga dapat menurunkan berat badan dan membantu penyembuhkan berbagai penyakit.

Namun,anda juga harus mengetahui efek samping yang akan timbul akibat mengkonsumsi kopi hijau apalagi jika melakukan konsumsi yang berlebihan. Asam klorogenat memang sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi jika kandungan asam klorogenat yang berlebihan masuk dalam tubuh itu akan sangat berbahaya bagi darah.

Jika homocysteine dalam darah ini terlalu tinggi maka akan menyebabkan kerusakan pada arteri. Kerusakan yang akan timbul yakni akan terbentuknya suatu jaringan kapur dalam pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penggumapalan darah. Dengan terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah akan berakibat fatal karena dapat menghambat jantung dalam memompa dan mengedarkan darah sehingga akan menyebabkan datangnya penyakit jantung. Selain itu penggumpalan darah juga dapat mengakibabtkan stroke.

Adapun resiko yang dapat timbul dari kopi hijau,diantaranya ;

  • Kandungan kafein dalam kopi hijau bisa menyebabkan sakit perut, mual dan muntah, meningkatnya laju pernafasan, menimbulkan rasa cemas, dan detak jantung menjadi tidak teratur.
  • Kafein dalam kopi hijau juga dapat memperburuk gangguan pendarahan dan memperparah gejala gangguan cemas.
  • Mengkonsumsi kopi hijau dengan takaran yang banyak, akan menyebabkan asupan asam klorogenik pada tubuh. Hal itu dapat meningkatkan kadar plasma homosistein yang berhubungan dengan penyakit jantung.
  • Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah pada bagian mata yang berhubungan dengan glaukoma.
  • Kandungan kafein juga dapat menghilangkan kadar kalsium yang dikeluarkan urine,sehingga beresiko melemahkan tulang.
  • Kafein juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, terutama pada penderita tekanan darah tinggi.

Kopi hijau memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi anda juga tetap harus waspada terhadap efek samping yang akan ditimbulkan dari kopi hijau. Maka dari itu konsumsilah kopi hijau sesuai batas aman dan jika anda mengalami gejala dari resiko kopi hijau di atas, segeralah lakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada dokter.