Manfaat Dan Aturan Mengkonsumsi Kopi Hijau Yang Benar

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari oleh manusia. Tanaman kopi banyak tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis atau daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Pada umumnya kopi mempunyai beberapa varian jenis seperti kopi hitam, kopi luwak, kopi gajah, kopi hijau, dan berbagai jenis kopi lainnya.



Kopi hijau merupakan jenis kopi yang baru, kopi ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas serta nikmat jika di konsumsi dengan aturan yang benar. Kopi hijau atau green coffe adalah salah satu jenis kopi yang belum melakukan tahap pemanggangan atau penggorengan. Kopi hijau merupakan kopi yang berasal dari kawasan arab khususnya daerah sekitar laut merah, cara minum kopi hijau mulanya berasal dari penduduk disekitaran daerah laut merah, mereka sering mengkonsumsi kopi hijau dengan cara langsung menyeduh biji kopinya.

Para penduduk di kawasan arab umumnya memiliki cara yang unik dalam menyeduh kopi hijau, yaitu dengan menyeduh biji kopi hijau secara langsung tanpa melakukan tahap penghalusan. Dengan penyeduhan tersebut, maka kandungan zat yang ada dalam biji kopi akan tetap utuh. Sehingga kita akan mendapatkan manfaat dari kandungan yang terkandung di dalamnya.

Adapun manfaat yang akan kita dapatkan dari kandungan kopi hijau dengan cara konsumsi yang benar, diantaranya:
  • Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam kopi hijau dapat menjaga kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh.
  • Kopi hijau juga mengandung zat yang disebut asam klorogenat, yang dapat membantu membakar lemak dan dapat mencegah sekaligus menghambat terjadinya timbunan lemak pada tubuh sehingga dapat mencegah kegemukan. Dan sangat cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalankan program diet.
  • Manfaat yang selanjutnya didapatkan dari kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi dalam mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh dan akan melindungi sel kulit tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Kandungan kafein dalam kopi hijau juga sangat mampu meningkatkan sistem kinerja yang kognitip pada seseorang. seperti, ketahanan tubuh, fokus, kewaspadaan, dan lainnya.

Aturan Minum Kopi Hijau yang Benar


Minum kopi hijau memang sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi jika cara mengkonsumsinya salah maka akan menimbulkan efek samping. Adapun aturan dalam meminum kopi hijau yaitu dengan mengkonsumsi maksimal 480 miligram per hari dan dilakukan konsumsi selama 12 hari. Adapun bagi anda yang tidak melakukan konsumsi sesuai aturan dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, detak jantung yang tidak stabil, sulit tidur, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa aturan minum kopi hijau agar terhindar dari efek samping kopi hijau:

Aturan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi kopi hijau sesuai aturan dan ada baiknya anda tidak menambahkan campuran lain dalam kopi hijau seperti cream dan gula. Karena dengan menambahkan cream dan gula pada kopi hijau,anda tidak akan mendapatkan manfaat dari kopi hijau seperti menurunkan berat badan.

Aturan yang kedua yaitu konsumsilah kopi hijau sebelum anda berolahraga, karena kandungan kafein dalam kopi hijau dapat meningkatkan metabolisme dan energi bagi tubuh.

Aturan yang ketiga yaitu dengan cara mengkonsumsi kopi hijau pada malam hari. Cara ini bisa membantu anda dalam mengurangi nafsu makan untuk yang sedang menjalankan program diet. Dan sangat membantu anda yang mengalami obesitas, karena kopi hijau memang mempunyai kemampuan dalam menahan lapar.